PROGRAM EDUKATIF MELALUI POJOK DOLANAN DALAM MENEKAN PENGGUNAAN GADGET DI KALANGAN ANAK-ANAK

Main Article Content

Adistya Sukma
Inayatul Laili
Ajeng Baramarta Ramadani
Intan Maghfiroh Putri Arakhman
Rahmat Wahyu Nugroho

Abstract

Anak-anak cenderung menjadi ketergantungan pada gadget karena perkembangan teknologi di usia dini begitu pesat. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak anak-anak semakin tertumpu pada perangkat elektronik dan mulai melupakan budaya, termasuk permainan tradisional. Kami kemudian menciptakan Pojok Dolanan sebagai bagian dari program kerja Kuliah Kerja Nyata untuk membantu anak-anak mengurangi penggunaan perangkat elektronik. Pojok Dolanan menawarkan pengalaman yang menarik bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan motorik mereka sambil menikmati waktu mereka tanpa perangkat elektronik. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan penerapan metode primer, yakni melalui studi pendahuluan yang melibatkan survei untuk memahami kebutuhan masyarakat terkait penggunaan gadget pada anak-anak. Paravan Park Pesona Candi 2 Kota Pasuruan adalah subjek penelitian ini. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan pengurangan ketergantungan anak-anak di sekitar Paravan Park pada perangkat elektronik dan pelestarian permainan tradisional yang hampir dilupakan karena kemajuan teknologi.

Article Details

How to Cite
Sukma, A., Laili, I., Ramadani, A. B., Arakhman, I. M. P., & Nugroho, R. W. (2024). PROGRAM EDUKATIF MELALUI POJOK DOLANAN DALAM MENEKAN PENGGUNAAN GADGET DI KALANGAN ANAK-ANAK. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 3(3), 71–80. https://doi.org/10.8765/krepa.v3i3.5806
Section
Articles

References

Andriyas, H., & Himawan, G. H. (2019). Analisa Persepsi Konsumen Atas Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Niat Komplain Konsumen Massively Multiplayer Online Role-Playing Games. Jurnal Akuntansi, 11(2), 248–261.

Cahniyo Wijaya Kuswanto1, D. D. (2022). Cahniyo Wijaya Kuswanto1, Dona Dinda Pratiwi2, Galuh Yuliar Denata3. Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak, 5(1), 21-35.

Endang Tjahjaningsih1, D. H. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan.

Hermawan, D., & Kudus, W.A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain Game Online di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 778-787.

Indiyani, I., Maulana, M. L., Novitasari, N., Fadia, N. N., Fitriana, R., & Maeza, R. (2022). Pojok Bermain Sebagai Media Pemberdayaan Untuk Mengurangi Ketergantungan Anak Pada Gawai. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 62-69.

Mimi Suhayati1, Y. M. (2023). JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Babari sebagai Metode, 3(1), 66-76.

Ningsih, P., Kuryanto, M.S., & Setiadi, G. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Game Online Mobile Legend pada Anak Usia Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Nurbaiti. (2020). Kecanduan Bermain Game Online Dan Hubungannya Dengan Pendidikan Karakter Islami Siswa (Studi Di Sd Azhari Cilandak Jakarta). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3, 55–67.

Nurhidayah, I., Ramadhan, J.G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran Orangtua dalam Pencegahan terhadap Kejadian Adiksi Gadget pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 129–140.

Sidyawati, L., Sayono, J., Anggriani, S. D., & Khakim, M. N. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Dolanan Jadoel dan Infografis Filosofi Dolanan dengan Teknik Batik Kayu. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 603-612.

Sulaikha, N. A. (2019). Pembelajaran Integrasi Melalui Materi Tembang Dolanan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa di MI Plus Al-Kautsar Yogyakarta. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1-20.

Utvi Hinda Zhannisa1, T. H. (2023). SEMINAR NASIONAL HASILPENELITIAN DAN E-ISSN: 2985-7015PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Pelestarian Permainan Tradisional, 4.